Makanan Lokal Tembus Pasar Luar negeri

Siapa yang tak kenal dodol garut? makanan lokal asal daerah jawa barat ini ternyata mampu menembus pasar luar negeri. Produksi per tahunnya bisa mencapai 4200 ton. Dodol garut ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet yang dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya.

Ibu Karsinah adalah salah satu perintis usaha dodol garut yang berawal dari bisnis rumahan sejak tahun 1926. Dodol garut buatan Ibu Karsinah ini tidak menggunakan bahan pengawet dan memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, harga dodol garut ini terjangkau untuk semua kalangan.

Varian rasa yang berbeda dari dodol garut ini di dari bahan baku yang digunakan seperti labu, kentang, kacang, pepaya, nanas, dan sirsak. Usaha dodol garut kini setidaknya dikelola oleh 99 unit usaha yang menyerap 2.439 lebih tenaga kerja, dengan nilai investasi Rp 992 juta dan nilai produksi sekitar Rp 41 miliar.

Makanan ringan khas jawa barat ini ternyata tidak hanya menguasai pasar lokal saja, tetapi juga pasar luar negeri seperti Brunei, Malaysia, Jepang, Arab Saudi, Singapura, dan Inggris. Melihat adanya potensi ekonomi di sektor ini, untuk kedepannya mungkin usaha dodol garut ini akan berkembang pesat.

Sponsor:

Anda ingin mengapai kesuksesan lebih sekaligus memajukan bangsa ? Bergabunglah bersama bisnis warnet kami yang telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional Wirausah Muda Mandiri. Balik modal satu tahun serta garansi 100% modal kembali !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: