Pemilu Meningkatkan Konsumsi Pemerintah

Pelaksanaan kampanye dan pemilu legislatif 2009 lalu ternyata meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sisi konsumsi. Konsumsi pemerintah pada kuartal pertama tahun 2009 tumbuh signifikan dibandingkan 3 tahun terakhir.

Pada kuartal pertama tahun 2009, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa perekonomian Indonesia tumbuh sekitar 4,4 persen pertahun. Tumbuhnya perekonomian pada kuartal pertama tahun 2009 dikarenakan konsumsi rumah tangga dan pemerintah. Konsumsi rumah tangga tumbuh 5,8 persen dan konsumsi pemerintah tumbuh 19,2 persen.

Pertumbuhan konsumsi pemerintah meningkat dikarenakan pemilu. Pasalnya, biaya konsumsi dikeluarkan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan belanja logistik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk pengawasan, dan TNI Polri untuk pengamanan. Ditambah lagi dengan konsumsi parpol yang luar biasa, tentunya hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang luar biasa pula.

Selain itu, salah satu faktor yang mempertahankan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua dan ketiga ialah mulai berjalannya pengeluaran pemerintah. Pertama, dari stimulus infrastruktur kementrian lembaga sebesar Rp 12,2 triliun. Kedua, pengeluaran pemerintah non-stimulus.

Sponsor:

Anda ingin mengapai kesuksesan lebih sekaligus memajukan bangsa ? Bergabunglah bersama bisnis warnet kami yang telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional Wirausah Muda Mandiri. Balik modal satu tahun serta garansi 100% modal kembali !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: