Pendapatan Pedagang Tradisional di Jabar Menurun

Semakin gencarnya pembangunan ritel modern membuat menurunnya pendapatan pedagang tradisional di Jawa Barat hingga 30 persen.

Di Jabar terdapat sekitar 700 pasar tradisional dengan jumlah pedagang masing-masing 1.000-2.000 orang.

Supermarket yang tumbuh bagaikan hama persawahan disekitar pasar membuat omset para pedagang tradisional di Jawa Barat menurun drastis. Omset yang didapat oleh para pedagang sekarang ini hanya 1 juta per hari, padahal dulu para pedagang tradisional ini dapat mengantongi omset sekitar 2 juta per hari.

Pada masa orde baru, keberadaan pasar tradisional masih cukup terlindungi dengan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 1983 tentang Bantuan Kredit Pembangunan dan Pemugaran Pasar. Sejak tahun 1998, kondisi pasar tradisional mulai meredup.

Para pedagang berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan nasib mereka. Karena jika kita sadari, hadirnya pasar tradisional merupakan suatu keuntungan bagi negara ini. Sebab akan banyak tenaga kerja yang terserap dan perputaran ekonomi pun akan terus bertumbuh.

Sponsor:

Anda ingin mengapai kesuksesan lebih sekaligus memajukan bangsa ? Bergabunglah bersama bisnis warnet kami yang telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional Wirausah Muda Mandiri. Balik modal satu tahun serta garansi 100% modal kembali !!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: