Anjing Pelacak Ikut menyergap Osama bin laden

Osama bin Laden tewas dalam sebuah penyergapan yang dilakukan pasukan khusus Amerika Serikat Navy SEAL, di sebuah rumah di Abbotabad, Pakistan, 1 Mei 2011. Sontak, perhatian diberikan kepada prajurit Navy Seal yang berhasil menewaskan Osama itu.

Namun, ada ‘anggota’ lain yang terlupakan, padahal ikut berjasa dalam penyergapan itu. Anggota itu adalah anjing pelacak.

Tidak banyak yang mengetahui jenis anjing pelacak yang digunakan. Namun, New York Times mengatakan jenis yang sering digunakan dalam operasi khusus militer adalah jenis Shepherd Jerman atau jenis Malinois Belgia.

Anjing pelacak memang menjadi andalan dalam operasi militer, terutama untuk melacak bahan peledak. Anjing terbukti lebih dapat diandalkan ketimbang manusia atau mesin pendeteksi bahan peledak.

“Kemampuan mereka dalam pertempuran memang tidak bisa digantikan manusia atau mesin,” kata Jenderal David H. Petraeus, komandan militer AS di Afghanistan. Karena itulah militer AS membutuhkan lebih banyak anjing pelacak untuk dilibatkan dalam pertempuran.

Sedangkan Mayor William Roberts, komandan Pusat Pelatihan Anjing Militer dari Departement Pertahanan AS, mengatakan anjing juga bisa mengetahui apakah ada jebakan, bahkan jika dipasang di gagang pintu.

“Anjing sangat bagus dalam mendeteksi orang di dalam gedung,” kata Mayor Roberts.

Sedangkan, The Telegraph menulis, anjing itu ikut dibawa dengan helikopter saat penyergapan dilakukan. Selain untuk melacak, anjing ini juga bisa diperintahkan untuk menyerang.

sponsor :

mau bikin warnet ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: